Selamat Datang di web UNIT PELAKSANA TEHNIS BAHASA (UPT BAHASA) - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

UNIT PELAKSANA TEHNIS BAHASA (UPT BAHASA)

(Language Center ) مركز اللغات

IAIN Kudus Hadir Berikan Bantuan dan Trauma Healing Pada Korban Banjir

Blog Single

Hujan lebat yang melanda sebagian Jawa Tengah pada awal tahun baru menyisakan duka di sebagian wilayah, salah satunya Kabupaten Kudus. Hujan lebat disertai angin kencang selama beberapa hari tersebut menyisakan banjir di beberapa wilayah yang hingga kini belum kunjung surut.

IAIN Kudus hadir  bersama Dharma Wanita Persatuan bekerja sama dengan Pusat Studi Gender dan Anak IAIN Kudus memberikan trauma healing untuk menghibur dan membangkitkan motivasi para warga terdampak banjir di posko pengungsian Desa Karangdowo, Kec. Undaan, Kab. Kudus.

Turut hadir bersama rombongan Rektor IAIN Kudus Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc. M.Si. bahwa kegiatan ini  sebagai bentuk pengabdian dan sekaligus juga bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi.

“Kami harap para warga yang terdampak banjir ini segera pulih perekonomiannya, segera teratasi banjirnya, segera surut, kebutuhan-kebutuhan mereka tercukupi dan tentu mereka bisa beraktifitas seperti sedia kala” ungkapnya.

Prof Dur menegaskan bahwa IAIN Kudus mempunyai komitmen yang tinggi untuk membantu masyarakat di sekitar, baik itu yang terdampak bencana akibat banjir maupun bencana bencana alam yang lain.

Sementara itu Ketua DWP IAIN Kudus Prof. Dr. Hj. Umma Farida, Lc. M.A. menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial peduli banjir ini  dengan memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga terdampak banjir.

 “Kehadiran kami tidak hanya membantu dari aspek fisik  dengan memenuhi kebutuhan dari para pengungsi, tetapi kami juga melakukan trauma healing untuk memulihkan psikis mereka” terangnya.

Heri Darwanto, Kepala Desa Karangrowo menyampaikan bahwa terdapat 153 pengungsi khususnya Dukuh Krajan  yang terdampak banjir. Menurutnya  hampir satu minggu warganya  mengungsi di aula balai desa sehingga butuh refresh atau trauma healing supaya tidak stres, tetap senang hati walaupun dalam keadaan terdampak banjir.

“Terima kasih atas bantuan dari IAIN Kudus, yang mana bapak Rektor dan rombongan  sudah hadir, serta memberi bantuan logistik dan trauma healing pada warga kami di pengungsian. Semoga niat baik dari IAIN Kudus akan mendapatkan berkah” ucapnya.

Kegiatan bakti sosial ini merupakan tindak lanjut dari penggalangan dana yang dilaksanakan saat peringatan HAB Kemenag Ke-77 tahun 2023 pada Jumat (6/1/2023). Selain itu bakti sosial berupa pemberian sembako juga diberikan kepada warga IAIN Kudus yang terdampak banjir, yang secara simbolis diberikan oleh Rektor IAIN Kudus kepada salah satu staf kebersihan yang terdampak banjir.

Share this Post:

Galeri Photo