Selamat Datang di web UNIT PELAKSANA TEKNIS BAHASA (UPT BAHASA) - Institut Agama Islam Negeri Kudus !

UNIT PELAKSANA TEKNIS BAHASA (UPT BAHASA)

(Language Center of IAIN Kudus)

UPT Bahasa IAIN Kudus Sukses Menyelenggarakan Test Standar Arab (TSA) & Test Standar Inggris (TSI) Periode Genap 2023/2024

Blog Single

Sebanyak 3323 mahasiswa mengikuti Test Standar Arab (TSA) dan Test Standar Inggris (TSI) Periode Genap 2023/2024 yang diadakan oleh UPT Bahasa IAIN Kudus. Kegiatan ini berlangsung dua hari pada hari Sabtu dan Ahad, tanggal 8 – 9 Juni 2024 di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ushuluddin IAIN Kudus.

   

Kepala UPT Bahasa IAIN Kudus, Dr. Muhammad Ivan Alvian, M.Pd., didampingi oleh Tenaga Kependidikan UPT Bahasa, Fadlur Rozaq, S.E., menjelaskan bahwa peserta ujian ini terbagi menjadi 2 gelombang dengan masing-masing total 1593 mahasiswa yang mengikuti TSI dan 1730 mahasiswa untuk TSA. Ujian dimulai pada pukul 08.00 – 09.30 WIB untuk sesi pertama, dan pukul 10.30 – 12.00 WIB untuk sesi kedua.

”Ujian TSA kali ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 2 di Fakultas Syari’ah, FEBI, FDKI, sedangkan yang TSI diperuntukkan bagi mahasiswa semester 2 di Fakultas Tarbiyah dan Ushuluddin, serta mahasiswa yang masih mengulang karena belum lulus ujian periode sebelumnya”, ujarnya. Selain itu, Ivan menyatakan bahwa standar skor minimal untuk lulus TSI & TSA ini adalah 450.

   

Pihaknya berharap, mahasiswa yang mengikuti tes pada periode ini banyak yang bisa mencapai target minimal kelulusan karena tes ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa di lingkungan IAIN Kudus dan sertifkatnya dipakai untuk syarat pemenuhan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Kedepanya, bagi mahasiswa yang belum lulus dan mendapatkan nilai rendah, UPT Bahasa akan memberikan fasilitas pembelajaran intensif untuk materi Bahasa Arab dan Bahasa Inggris selama 2-3 bulan agar mereka mendapatkan tambahan materi diluar kelas reguler dan bisa memenuhi target minimal kelulusan pada tes wajib ini, ujar Ivan.

Meskipun peserta TSI dan TSA ini cukup banyak hingga 3323 mahasiswa di waktu yang sama, namun pelaksanaan tes bisa berjalan dengan tertib dan lancar dari awal sampai akhir. ”Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin UPT Bahasa, jadi kami sudah menyiapkanya jauh-jauh hari untuk mengantisipasi kendala dan masalah yang mungkin muncul saat hari pelaksanaan”, tambah Rozaq selaku Tenaga Kependidikan UPT Bahasa IAIN Kudus.

 

Share this Post:

Galeri Photo